About Me

Statistik

Sunday, November 13, 2011

ADO.net


NIM/NAMA        : 10 41010 0208 / Yudha Putra Ariansyah
Dosen                : Tan Amelia
Tugas                : Resume Pertemuan 8
                                           STIKOM Surabaya
ADO.NET adalah teknologi akses data universal terbaru berdasarkan prinsip(teknologi akses data dari Microsoft .Net Framework.) tanpa koneksi (connectionless principle) yang didesain untuk mempermudah batasan koneksi yang dahulunya harus memperhatikan ketika membuat aplikasi terdistribusi. Aplikasi hanya terhubung ke database untk beberapa saat guna mengakses atau  update data, kumudian diputus. data yang diakses dapat disimpan pada salah satu objek ADO.NET, yaitu pada DataSet atau DataView. Keuntungan dari disconnected architecture ialah mampu menangani lebih banyak user. Kelebihan lain data yang disimpan di DataSet berada di memori dan berformat XML. Ado.net juga menyediakan komunikasi antara sistem relasional dan non-relasional melalui seperangkat komponen. ADO.NET terdiri dari serangkaian Objek yang mengekspos layanan akses data ke lingkungan NET. ADO.NET dibangun untuk arsitektur terputus, sehingga memungkinkan benar-benar terputus dengan sumber data dapat dilakukan manipulasi melalui Objek Dataset, yang benar-benar independen dari Sumber Data(database).

Arsitektur ADO.net
 

Dua komponen kunci dari ADO.NET adalah Data Providers dan DataSet. Di dalam .Net Framework terdapat tiga Penyedia untuk Akses Data. Yaitu Microsoft SQL Server Data Provider, OLEDB Data Provider dan ODBC Data Providers. SQL Server menggunakan obyek SqlConnection, OLEDB menggunakan Objek OleDbConnection dan ODBC menggunakan OdbcConnection.
Ada 3 komponen akses data yang utama yaitu :
1.      OleDbConnection
OleDbConnection merupakan komponen yang bertugas menangani koneksi ke database dan menyediakan informasi-informasi data, seperti nama database, lokasi, dan driver database yang digunakan untuk berhubungan dengan database. Menggunakan driver berekstension .dll yang memnyediakan kode-kode penting yang mengizinkan OleDbConnection untuk dapat berkomunikasi ke database dengan caranya sendiri.
 Contoh membuat koneksi database Access :
string DB_STR { get { return "Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0; Persist Security Info=False; Data Source=" + Server.MapPath("nama database"); } }
OleDbConnection conn = new OleDbConnection( DB_STR );
2.      OleDbDataAdapter
OleDbDataAdapter komponen yang memiliki banyak fungsi, tidak hanya penyedia cara untuk mengambil datadari database, tetapi juga digunakan untuk memasukkan, update, dan menghapus data pada database. Komponen ini berfungsi juga sebagai jembatan di antara database dan objek dataSet dan akan mengambil data yang telah ditentukan, lalu akan mempopulate DataSet Anda.
Contoh membuat query  dari kelas OleDataAdapter:
string strSQL="SELECT * FROM 'namatable'i ";
OleDbDataAdapter    da   = new OleDbDataAdapter(strSQL , conn );


ADO.NET menyediakan objek untuk mengolah data . yaitu :
1.      Objek Connection : menyediakan koneksi Sumber Data (Database)
2.      Objek Command : digunakan untuk melakukan pernyataan SQL atau prosedur yang akan dilaksanakan pada Sumber Data (database)
3.      Obyek DataReader : Aliran berbasis, forward-only, read-only pengambilan hasil query dari Sumber Data (database)
4.      Objek DataAdapter : mengisi Object Dataset dengan hasil dari Sumber Data

3.      DataSet
Komponen DataSet berfungsi sebagai cache data yang disimpan di dalam memori. Komponen DataSet powerful dan sebaiknya digunakan pada aplikasi yang ingin Anda buat. DataSet tidak hanya menyimpan data yang diambil di OleDbDataAdapter, tetapi juga menyimpan informasi tabel, misalnya data yang diambil adalah nama kolom dan tipe datanya yang Anda kenal dengan nama meta data. Meta data disimpan di dalam dokumen XML. Anda dapat melihat seluruh data secara maju dan mundur, juga dapat mengupdate data karena DataSet Komponen menyimpan seluruh data di dalam memori.
DataSet memberikan representasi terputus hasil query dari Sumber Data, dan itu benar-benar independen dari Sumber Data(database). DataSet memberikan fleksibilitas jauh lebih besar ketika berhadapan dengan manipulasi data. DataSet terdiri dari kumpulan objek DataTable yang dapat berhubungan satu sama lain dengan DataRelation. DataTable berisi koleksi DataRow dan DataCoulumn. Objek DataAdapter menyediakan sebuah jembatan antara DataSet dan Sumber Data.
DataSet dapat menerima DataBase dari DataBase Manapun
Contoh membuat dataset dari kelas DataSet :
            DataSet ds=new DataSet();
            Da.Fill(ds, “EmpTable”);
            Ds.Tables[“EmpTable”].Rows.Count;//menghitung jumlah baris

Hirarki Objek DateSet
Dataset
o   Relations
o   Tebles
ChildRealtions
Rows
Columns
o   XML
Connected VS Disconnected Applikasi

Connected        =        Langsung berhubungan dengan DataBase
Disconnected   =        Tidak terhubung dengan DataBase

0 comments: